Determinan Kinerja Bisnis UMKM

Main Article Content

Christini Nur Safitri
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis UMKM di DKI Jakarta. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang kuliner di DKI Jakarta dengan total 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program smartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis.
 

This study aims to analyze the effect of entrepreneurial competence, market orientation, business strategy, and product innovation on the business performance of MSMEs in DKI Jakarta. The data collection process in this study was by distributing questionnaires online using google form. The sample in this study were culinary MSME players in DKI Jakarta with a total of 100 respondents. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) with the smartPLS version 3 program. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect of entrepreneurial competence, market orientation, business strategy, and product innovation on business performance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Christini Nur Safitri, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ahmatang., & Nurmila, S. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha Dimediasi Keunggulan Bersaing pada UMKM di Pulau Sebatik. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 18(3), 492-500.

Aisyah, St., Musa, C., & I, Ramli, A. (2017). Effect of Characteristics and Entrepreneurial Orientation Towards Entrepreneurship Competence and Crafts and Arts Small and Medium Enterprises Business Performance in Makassar. International Review of Management and Marketing, 7(2): 166-173.

Andriyanto, F., & Sufian, M. S. (2017). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro. 1–20.

Dari, W., & Dessy, I. (2020). Product Innovation Strategy and Dynamic Environment Against the Improvement of Company Performance at MSME in Kulon Progo. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2): 143-162.

Desfitrina, Zulfadhli, & Triana, A. (2021). Strategi Bisnis pada Kinerja Perusahaan Era Covid 19. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 11(2): 158-183.

Hartato, F. & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Strategi Bisnis terhadap Kinerja Bisnis Kuliner. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(4), 980-989. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13471

Ie, M. & Pratama, V. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja pada Usaha Kecil dan Menengah Sektor Ritel. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 156-164. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.4279

Jayani, D. H. (2021). 96,92% Tenaga Kerja Berasal dari UMKM. Diakses pada 10 April 2023 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/9692-tenaga-kerja-berasal-dari-umkm

Lorensa, E. & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM Fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3), 739-748. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768

Mahoney, J. T., & J. Rajendran Pandian, (1992). The Resource Based View within the Conversation of Strategic Management. Strategic Management Journal, 13(5), 363-380.

Nursetiana, Imam, A. H., & Iis, I. (2022). The Effect of Business Strategy, Innovation, Organizational Culture on The Performance of Micro Small Medium Enterprises (MSMEs) Moderated by Financial Literature. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(10): 4416-4426.

Nuryanti, B. L., & Ajeng, P. H. (2022). How Entrepreneurial Competencies can Effect Business Performance. The International Journal of Business Review, 5(1): 43-52.

Permana, I. (2017). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Bisnis Usaha Kecil Menengah Makanan Siap Saji D’Besto. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(2), 97.

Pratopo, P., Lena, E., Atik, A., & Yanthi, M. G. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Etos Kerja terhadap Kinerja Pelaku UMKM di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(2): 163-176.

Sari, I. P., & Thamrin, T. (2022). Effect of Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and Technology Orientation on Business Performance. Marketing Management Studies, 2(2): 117-126.

Siswaji, B. (2013). Pengaruh Institusi dan Strategi terhadap Kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukarya, I. R. H., & Nurleli. (2021). Pengaruh Strategi Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan. Prosiding Akuntansi, 7(2): 518-521.

Suryana, A. T., & Burhanuddin. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha UMKM Kopi: sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal AGRISEP, 20(1): 117-128.

Susilo, Y. (2010). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan MEA. Buletin Ekonomi, 8(2), 70-170.

Sutrisno, H. E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tajvidi, R., & Karami, A. (2017). The Effect of Social Media on Firm Performance. Computers in Human Behavior, 115, 105174.

Udriyah, Jacquline, T., & Azam, S. M. F. (2019). The Effects of Market Orientation and Innovation on Competitive Advantage and Business Performance of Textile SMEs. Management Science Letters, 9: 1419-1428.

Wernerfelt, B. (1984). A Resource Based View of The Firm. Strategic Management Journal, 5: 171-180.

Wernerfelt, B. (1995). The Resource Based View of The Firm: Ten Years After. Strategic Management Journal, 16: 171-174.

Widyastuti, N. M. W., Burhanuddin, & Siti, J. (2022). The Effect of Entrepreneurial Competency on The Performance of Culinary SMEs in Banjarbaru, South Kalimantan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 16(2): 281-292

Yani, A., Anis, E., Hamidah, I Ketut, R. S., & Agung, D. B. (2020). The Impact of Social Capital Entrepreneurial Competence on Business Performance: An Empirical Study of SMEs. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(9): 779-787.

Zaini, A. C. & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi, dan Kompetensi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 72-81. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11289